Selasa, 18 Oktober 2022

Cara Memperpendek Link Apapun Sesuai Keinginan

Cara Memperpendek Link Apapun Sesuai Keinginan


Disini saya akan membahas bagaimana cara memperpendek url tautan yang panjang dengan mudah atau cara memperpendek link apapun sesuai keinginan seperti: link google form, link google drive, link spotify, link Instagram, dan link apapun yang kalian punya.

Juga bagaimana cara mengganti / mengubah nama link sesuai keinginan (cara custom link)

Karena dengan mempersingkat link, link yang kalian punya akan terlihat lebih rapih dah enak dilihat, juga mudah diingat oleh siapapun dan tidak menutup kemungkinan link kalian akan terlihat “keren” karena kita dapat melakukan custom link secara bebas sesuai keinginan terhadap link yang sudah kita perpendek tersebut. Kapanpun kita mau.

Dan menyingkat link juga merupakan salah satu solusi bagi kalian yang memiliki link tautan yang sangat panjang, terutama jika link tersebut akan kalian bagikan ke seseorang atau bagikan ke media sosial. Terutama bagi kalian yang ingin membagikan link google form milik kalian, secara default link google form yang dihasilkan tersebut sangatlah panjang, menjadikan kurang enak dilihat dan sulit diingat, so kita perlu untuk memendekkan semua link panjang yang kita miliki.

Perhatikan link dibawah ini.

Bit.ly/LinkGue

Terlihat keren dan elegan bukan? Kamu juga bisa membuat link yang kalian punya seperti ini!

Menariknya lagi, ini dapat kalian lakukan secara online juga gratis dan tanpa aplikasi!

Apakah kamu memiliki sebuah link tautan seperti link google form, spotify, google drive, Instagram, atau link lainnya yang panjang dan ingin pendekin link tersebut seperti contoh link diatas?

Jika iya, silahkan disimak tutorial dibawah ini : cara mendekin link dan mengganti/mengubah nama link sesuai keinginan.
Daftar Isi

4.     FAQ
    4.2     Kenapa harus bitly?
    4.3     Apakah bitly harus bayar?
    4.4     Apakah bitly membayar?
    4.5     Selain bitly ada apalagi?
    4.8     Apakah link custom bitly yang telah kita buat bisa expired?

Website Pemendek Link (Link Shortener)


Cara memperpendek link URL yang panjang dengan mudah dapat dilakukan di beberapa website penyedia layanan "shortener link free" yang mana memiliki fungsi untuk mempersingkat link secara online dan gratis tanpa aplikasi dengan kelebihannya masing-masing, website penyedia pemendek link antara lain:
  • goog.gl
  • intip.in
  • adf.ly
  • s.id
  • bit.ly
  • tinyurl.com
  • ow.ly
  • McAf.ee
  • dll.
Buat kalian yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dapat menggunakan layanan adf.ly, karna kalian akan dibayar $5 per 1000 visitor/klik. Selain fiturnya yang gratis, website memendekan link satu ini juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Untuk tutorial pembuatannya kalian dapat baca di cara membuat adfly.


Namun dari beberapa web penyedia Short Link diatas, saya lebih memilih menggunakan bit.ly. 

Karena bit.ly merupakan salah satu penyedia layanan mempersingkat link URL atau URL Shortener yang menyediakan fasilitas berupa Tracking Record. 

Dengan kata lain kita bisa melihat data berapa kali link yang sudah di pendekkan tersebut di klik. 

Dan juga kita bisa membuat Customize link dengan 3 domain yang tersedia, seperti bit.ly/urlkamu, j.mp/urlkamu, dan bitly.com/urlkamu. (Update 2022 : domain yang tersedia hanya bit.ly/urlkamu saja)

Cara Memperpendek Link URL Yang Panjang dengan Mudah


Tertarik mencoba? Oke langsung saja saya akan membahas cara pendekin link URL pada layanan bit.ly. 

Cara Memperpendek Link Gratis Online Tanpa Aplikasi



PERLU DIKETAHUI, cara yang akan dibahas di artikel ini BERLAKU JUGA UNTUK:

1. Memperpendek link google form
2. Memperpendek link spotify
3. Memperpendek link google drive
4. Memperpendek link instagram
5. dan memperpendek link tautan apapun

Dan cara dibawah ini bisa untuk membuat link yang sudah kita pendekin tersebut menjadi sesuai keinginan atau dengan nama sendiri alias custom link, entah itu link spotify, link google form, link website, atau link Instagram.

seperti : bit.ly/IniBisaDiganti, intip.in/SesuaiKeinginanKamu, cutt.ly/Bebassss

Memperpendek link tautan

Menarik bukan? Link yang sudah kita pendekin pun akan menjadi keren juga terlihat profesional.

Cara Memperpendek Link URL di Bit.ly




Lalu bagaimana cara memendekkan link dan custom link sesuai keinginan di bitly? Berikut Langkah-langkahnya

1. Buka bit.ly.

2. Daftar/Sign up terlebih dahulu dengan mengklik tombol Sign Up.

Cara Memperpendek Link


3. Isi data pada form yang tersedia. Jika sudah, klik "Create Account"

4. Sign Up selesai. 

Sekarang kita masuk ke tahap perpendek link tautan. Siapkan link yang ingin kalian pendekkan terlebih dahulu. 

Klik Create New

Selanjutnya mulailah mendekin link url tersebut dengan meng-copy pastekan alamat url alamat URL yang akan dipendekkan pada kolom yang tersedia.


Cara Memperpendek Link di Bitly


Setelah itu, kamu dapat memasukkan link google form, link google drive, link spotify, link instagram, atau link apapun milik kalian pada kolom ini.

Sebagai contoh, saya akan pendekin link https://www.segudangcara.com/

Cara Mempersingkat Link yang Panjang


Jika sudah lalu klik Create dan bitly akan secara otomatis mempersingkat link kamu.

Short Link telah jadi, yaitu http://bit.ly/1NOW4M5. Jika kalian kurang suka dengan link tersebut, kalian dapat merubahnya dengan nama sendiri atau bebas sesuai keinginan kalian, asalkan teks link yang kalian inginkan masih tersedia. 

Cara merubahnya sangatlah mudah, kalian tinggal mengisi kolom yang tersedia di bawahnya. Awalan depan atau domainnya pun bisa dirubah. Layanan bit.ly menyediakan 3 pilihan domain yang akan muncul jika mengklik tulisan diatas kolom bertuliskan customize. (Update : sekarang hanya tersedia 1 pilihan domain saja)

Perhatikan gambar dibawah:

Cara Custom Link Sesuai Keinginan

Klik 2x pada kolom yang saya beri tanda kotak merah. Disini kamu bisa mengisi nama link sesuai keinginan.

Jika sudah, klik save. Maka hasilnya akan seperti ini.

Cara Menyingkat Link


Kemudian klik copy. Short Link pun telah jadi dengan custom URL yang saya inginkan:  bit.ly/SegudangCara

Dan yang menariknya, bitly menyediakan data klik atas link kita tersebut sehingga kita bisa mengetahui berapa kali link kita digunakan atau di klik oleh orang lain.

Cara Memendekkan Link


Sangat mudah bukan?

Cara Mengubah Nama Link / Custom Sesuai Keinginan


Jika custom link yang telah kamu buat ingin diubah kembali entah karena kesalahan penulisan (typo) atau sekedar ingin mengganti lagi, di bitly kita bisa mengganti nama link yang sudah kita buat sebelumnya. 

Untuk mengubah nama link kita hanya perlu mengedit link yang telah kita buat.

1. Pertama buka beranda bitly kalian, disitu akan ada list link yang telah dipendekkin.

2. Klik edit.

Cara Mengubah Nama Link Sesuai Keinginan


3. Klik dua kali pada nama link custom kamu, silahkan ganti nama link sesuai keinginan lalu klik save

Cara Mengganti Nama Link


Dan bitly secara otomatis akan mengubah link kamu.


Di bitly, kita bisa pendekin link sebanyak 10.000 link secara gratis, diatas jumlah itu kita harus upgrade membership. namun 10.000 merupakan jumlah yang sangat banyak untuk ukuran layanan gratis. 

Dan seandainya akun bitly kalian telah melebihi batas limit bulanan yang tersedia, masih banyak sekali website penyedia layanan mempersingkat link atau url secara gratis serupa bitly. 

Sehingga kalian bisa bebas menyingkat link spotify, instagram, google form, maupun link google drive kalian dengan memanfaatkan semaksimal mungkin website-website tersebut sebelum memutuskan untuk melakukan 'upgrade' layanan bitly. 

Untuk cara menyingkat link dengan website yang lain pun cukup mudah, kebanyakan dari website tersebut memiliki tampilan yang user friendly sehingga pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan fitur yang tersedia. Kalian tinggal mengunjungi link website penyedia pemendek link yang sudah kami list diatas pada artikel ini.

FAQ


Link apa saja yang bisa kita perpendek?


SEMUA jenis link (tautan) website atau alamat web bisa kita persingkat. Dan yang popular seperti untuk:

- Mempersingkat link Google Form
- Mempersingkat link Spotify
- Mempersingkat link Google Drive
- Mempersingkat link Instagram
- Mempersingkat link tautan apapun.

Bitly cocok bagi kalian yang ingin mempersingkat link google form, link spotify, link google drive, link instagram, dan link apapun semuanya tentu dapat kita lakukan secara online juga gratis dan tanpa aplikasi tentunya. 

Untuk google form sendiri sudah menyediakan fasilitas layanan persingkat url nya tersendiri, namun yang dihasilkan masih cukup panjang menurut saya seperti forms.gle/6VhGbs78pYGmuvTV7. Selain masih panjang, hasil link yang disingkat pun tidak bisa di custom layaknya custom link milik bitly.

Dan untuk mempersingkat link google drive, google sebenarnya memiliki layanan perpendek url miliknya sendiri yaitu goo.gl. Tapi layanan ini sudah tutup sejak April 2018. 

Sedangkan untuk mempersingkat link spotify kebanyakan orang diluar sana menggunakan layanan shortener link milik sptfy.com. Mungkin dikarenakan shortener link satu ini memiliki "kemiripan teks" dengan spotify, tapi perlu diketahui bahwa sptfy.com tidak berafiliasi langsung dengan spotify sehingga ini merupakan layanan pihak ketiga. Kalian bebas untuk memilih setiap jenis layanan pemendek link.

Kenapa harus bitly?


Saya pribadi lebih memilih bitly karna memiliki tampilan yang simple sehingga kita bisa dengan mudah memanfaatkan segala fitur yang ada. 

Selain itu bitly menyediakan dashboard dimana kita bisa melihat statistik atas link yang telah kita buat. Ditambah fitur bitly yang sangat bagus yaitu kita dapat melakukan custom link sesuai kenginan kita dan kita juga bisa dengan bebas mengganti atau mengedit custom link yang sudah kita buat sebelumnya.

Dan bahkan Google dalam laman resmi goo.gl (shortener link resmi milik Google) menyarankan para pengguna shortener link nya untuk beralih ke bitly, hehehe. Bisa kalian baca sendiri disini.

Apakah bitly harus bayar?


Tidak, kalian bisa menggunakan layanan ini untuk menyingkat link url kalian secara gratis tanpa perlu membayar sepeserpun meskipun bitly menyediakan layanan versi berbayar

Apakah bitly membayar?


Sepertinya tidak, justru menurut saya bitly sendiri mencari profit melalui upgrade layanan dimana user bisa mengupgrade membernya untuk dapat menikmati lebih banyak fitur dari bitly seperti metrics detail dari link yang telah kita buat.

Sejauh yang saya tahu, saat ini hanya adf.ly yang membayar. Sekiranya ada penyedia lain yang membayar silahkan tambahkan di kolom komentar.

Selain bitly ada apa lagi?


Ada banyak sekali layanan shortener link seperti yang sudah saya sebutkan di awal artikel ini. 

Contohnya antara lain: intip.in, shortify, tinyurl, dan lain-lain.

Dan hampir semua layanan penyingkat url tersebut dapat kita gunakan secara gratis.

Kenapa bitly "Something went wrong"


itu artinya "teks" pada custom url yang kita inginkan / custom link tersebut sudah terlebih dahulu digunakan oleh orang lain.

Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti teks pada custom link kalian.

Apakah link bitly bisa diedit?


Jawabannya BISA, link yang telah kita buat dapat kita edit kembali custom link nya kapan pun kita mau.

Sekalipun custom link yang telah kita buat itu sudah bertahun-tahun lamanya, tetap bisa di edit :)

Apakah link custom bitly yang telah kita buat bisa expired?


Based on my experience, link bitly yang telah saya buat 7 tahun lalu masih bisa berfungsi dengan baik. Jadi jawabannya link tidak akan expired selama penyedia layanan masih exist.


Semoga membantu.

Sekian tutorial cara memperpendek link URL apapun yang panjang dengan mudah, share jika bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung!